Thursday, November 26, 2020

Personal Selling PT. Toyota Astra - Motor

Personal selling sendiri adalah salah satu kegiatan strategi yang dilakukan oleh pebisnis untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya untuk memperoleh keuntungan dan pelanggan.

Fungsi Personal Selling

  1. Memberi pemahaman dan pengetahuan kepada konsumen
    Seorang salesman harus mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan yang dapat membantu konsumen untuk mengambil keputusan pembelian.
  2. Menjadi sumber informasi
    Salesman juga harus dapat menjadi sumber informasi untuk perusahaan tentang prediksi penjualan, aktivitas pesaing, dll.
  3. Pelayanan
    Salesman tidak memastikan bahwa konsumen memperoleh manfaat dari produk yang mereka tawarkan tapi juga harus memberikan pelayanan dengan baik.
  4. Penjualan
    Dalam fungsi personal selling, salesman harus mampu untuk meningkatkan penjualan produk dengan cara membujuk konsumen untuk melakukan pembelian produk.
  5. Koordinasi upaya penjualan
    Seorang salesman harus meluangkan waktu mereka untuk mengevaluasi kinerja mereka dalam rapat sehingga kinerja mereka dapat ditingkatkan.


Personal Selling pada PT Toyota Astra Motor

Salah satu Kegiatan personal selling oleh PT TAM (Toyota Astra Motor) adalah dengan menjual langsung dari rumah ke rumah (Door to door), penulis pernah mengalami dimana dimana seorang penjual dari TAM (lebih tepatnya dealer) menawarkan produknya langsung menemui konsumen dan menjelaskan tentang produk di dalam brosur.

Kegiatan personal selling selanjutnya yang diterapkan oleh TAM adalah dengan pesan melalui surat menyurat, dimana pihak TAM mempromosikan produknya melalui E-Catalog (berupa Link) yang dikirimkan melalui E-Mail. Biasanya ini setelah pameran berlangsung dimana pengunjung stand TAM diminta mengisi daftar kunjungan yang disertai alamat email.

Selain kedua cara di atas, jika kita menginginkan produk dari TAM juga menyediakan Telephone Selling dan Website Selling (mengisi formulir di website). Dimana calon pelanggan dapat memesan dan memperoleh informasi yang diinginkan dengan menghubungi kantor cabang terdekat.



No comments:

Post a Comment

LEASING

 Leasing adalah Perusahaan sewa guna usaha yang bergerak di bidang pembiayaan, untuk keperluan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasa...