Wednesday, September 30, 2020

Manajemen Pemasaran Industri 


Pemasaran
            Pemasaran merupakan suatu proses dimana individu atau sebuah kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan indiviu atau kelompok lainnya.
    Menajemen Pemasaran adalah kegiatan menganalisis, merencanakan, menerapkan dan mengendalikan suatu program yang telah dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan hubungan yang menguntungkan dengan pasar pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan dari organisasi sendiri adalah untuk mendapatkan keuntungan, laba atau benefit yang akan di dapatkan.
            Dari pemasaran yang sudah di jelaskan, pemasaran ini di bagi menjadi dua yaitu Pemasaran industri dan Pemasaran konsumen. Pemasaran industri merupakan kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan pelanggandalam pasar produksi yang mencangkup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri. Sedangkan Pemasaran konsumen yaitu pemasaran barang dan jasa hanya kepada indiviud atau rumah tangga. Konsumen membeli hanya untuk di konsumsi sendiri. 
            
Pasar
3 Pasar Organisasional 
  • Pasar Industri, adalah semua organisasi yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lainnya yang akan dijual, disediakan atau di pasok keperusahaan lain.
  • Pasar Penjual Kembali atau biasa di sebut dengan Resseler harus pilah antara pasar penjual. Penjual kondisi pasar ketika kekurangan barang untuk dijual yg sering digunakan pasar properti ketika persediaan brg rendah permintaan tinggi.
  • Pasar Pemerintah terdiri dari pembelian pemerintah pusat dan daerah. Biasanya pemerintah adalah konsumen dan pembeli barang dan jasa individu terbesar di hampir setiap negara.
Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang dimaksud adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk pemakaian sendiri.

Kebutuhan
Kebutuhan merupakan suatu keadaan akan sebagian dari kepuasan dasar yang dirasakan atau disadari.

Keinginan
Keinginan merupakan hasrat untuk memperoleh pemuas - pemuas tertentu untuk kebutuhan yang lebih mendalam.

Permintaan
Permintaan merupakan keinginan untuk membeli produk - produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli.

Perbedaan Pemasaran Industri dan Pemasaran Konsumen.
  • Karakteristik Pasar
    Pemasaran Industri :
    Lebih terkonsentrasi secara geografis dan pembelia pada pasar industri relatif sedikit. 
    Pemasaran Konsumen : Cakupan sebarannya tersebar secara geografis untuk cakupan pasarnya luas atau masal karena pembeli lebih banyak.
  • Karaktersitik Produk
    Pemasaran Industri : 
    Untuk pasar industri produknya lebih komplek dan customized (disesuaikan) karena disesuaikan dengan pembeli.
    Pemasaran Konsumen : Lebih standar karena tidak begitu sulit dan ribet dalam pembuatan produknya.
  • Karakteristik Promosi 
    Pemasaran Industri :
    Untuk kegiatan promosi pasar industri menggunakan Personal Selling.
    Pemasaran Konsumen : Untuk kegiatan promosi pasar industri lebih menggunakan advertising atau iklan.
  • Karakteristik Pelayanan 
    Pemasaran Industri :  dalam karakteristik ini pelayanan, waktu pengiriman dan ketersediaan sangatlah penting.
    Pemasaran Konsumen : Sebaliknya dari pemasaran industri pelayanan, waktu pengiriman dan ketersediaan tidak terlalu penting.
  • Karakteristik Harga
    Pemasaran Industri : Lelang kompetitif dan negosiasi
    Pemasaran Konsumen : List prices dan Maximum retail price (MRP)
  • Perilaku Pembelian
    Pemasaran Industri :
    Melibatkan berbagai wilayah fungsional, keputusan pembelian terutama didasarkan kinerja.
    Pemasaran Konsumen : Melibatkan anggota keluarga keputusan pembelian lebih di dasarkan atas kebutuhan.
Jadi intinya adalah, pemasaran industri mengarahkan produknya untuk perushaan - perusahaan yang menjual produknya kembali kepada orang lain, lembaga - lembaga yang membutuhkan keperluan proses produksi, jadi pemasaran industri tidak menunjukkan produknya kepada konsumen akhir. Sedangkan, pemasaran konsumen mengarahkan produknya kepada individu atau rumah tangga yang membeli barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.


No comments:

Post a Comment

LEASING

 Leasing adalah Perusahaan sewa guna usaha yang bergerak di bidang pembiayaan, untuk keperluan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasa...