Saturday, October 10, 2020

Lingkungan Perusahaan




 PT. TOYOTA MOTOR CORPORATION

Visi

Menjadi Perusahaan otomotif yang paling sukses dan dihormati diseluruh dunia dengan memberikan pengalaman terbaik dalam kepemilikan kendaraan.

Misi

1. Secara berkesinambungan menyediakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi serta memnuhi kebutuhan pelanggan melalui program pemasaran yang terbaik.

2. Mengembangkan karyawan yang berkompeten dengan menciptakan lingkungan kerja yang baik untuk mendukung tercapainya kepuasan pelanggan

3. Memperkuat kolaborasi dengan produsen, dealer utama dan dealer - delaer melalui komunkasi dan kerja sama yang lebih baik

4. Untuk mengembangkan operasi perusahaan yang sehat dalam segala aspek, misalnya pemenuhan peraturan, lingkungan dan lain - lain

Nilai-Niai yang Dianut Toyota Corporation

  1. Challenge
  2. Kaizen
  3. Genchi Genbutsu
  4. Respect
  5. Teamwork
LINGKUNGAN INTERNAL    
Toyota Motor Corporation menjalankan usaha bisnisnya dengan manajemen yang solid sehingga menjadikan bisnisnya maju di kancah dunia internasional. Toyota Menerapkan Manajemen TPS dan TRM dalam perusahaannya. Berikut penjelasan mengenai TPS dan TRM.
    Toyota Production System (TPS) Toyota production system merupakan pendekatan toyota dalam berproduksi dengan menggunakan lean manufacturing (perusahaan yang ramping).
    Toyota Risk Management (TRM) Sistem manajemen berbasis resiko yang khusus dikembangkan oleh Toyota, Sistem manajemen resiko ini dibuat berdasarkan proses Lesson Learn dimana pengembangan sistem bertolak pada pembelajaran kasus-kasus yang berkembang dilapangan Proses improvement dan re-enforcement menjadi dua nilai penting dari manajemen ini.

1. PERKERJA
Sebuah perusahaan bisnis tentunya memiliki pekerja sebagai bagian dari aktivitas perusahaan. Toyota Motor Corporatioon membagi pekerja sesuai dengan kewenangan dan keahlilan yang dimiliki ke dalam sebuah struktur organisasi.
Pembagian wewenang dan tugasnya diantaranya adalah
- Branch Manager (Kepala Cabang)
- Custmer Relation Coordinator (CRC)
- Sales Department (Kepala Penjualan)
- Sales Supervisor
- Counter Salesman
- Administration Departement (Kepala Administrasi)
- Administration Unit yang dibawahi oleh Administration Supervisor

2. FASILITAS PRODUKSI
Fasilitas-fasilitas ini memproduksi kendaraan secara utuh maupun terurai, mesin, komponen, serta alat bantu produksi untuk proses pengepresan (dies) dan pengelasan (jigs). Proses manufaktur di TMMIN dilakukan secara utuh mencakup: Casting, Stamping, Welding, Assembly, dan Quality Control.


LINGKUNGAN EKSTERNAL
A. LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO
1. PESAING
Toyota Motor Corporation memiliki banyak pesaing dalam menajalankan usaha bisnisnya. Pesaing TMC ini tersebar di berbagai negara di penjuru dunia . Pesaingnya diantaranya adalah
Honda
Suzuki
Isuzu
Mitshubisi
Volkswagen
Bavarian Motor Works
Hyundai
Proton
General Motors
Ford
Cadilac
Fiat

2. PEMASOK
Toyota Motor Corporation berkerjasama dengan berbagai macam pemasok untuk menjamin kelangsungan hidup bisnisnya.
Pemasok toyota terdiri dari
Pemasok untuk komponen body
Pemasok untuk komponen unit
Pemasok untuk komponen raw materials
Pemasok untuk komponen logistik
Saat ini TMC telah melakukan kerjasama dengan 40.00 perusahaan pemasokna untuk menjamin keberlangsungan usaha bisnisnya.

3. PELANGGAN
Toyota memiliki pelanggan yang hampir seluruh tersebar di berbagai negara di belahan dunia.
Pelanggan Terbanyak berasal dari negara
Jepang
AS
China
Thailand
Indonesia
Arab Saudi
Australia
Kanada
Brasil
Rusia
India

B. LINGKUNGAN EKSTERNAL MAKRO
1. TEKNOLOGI
Teknologi merupakan salah satu faktor yang mendukung kesuksesan Toyota Motor Corporation. Inovasi yang dilakukan oleh Toyota telah terbukti membawanya kedalam jajaran perusahaan otomotif terlaris didunia.
Berikut Beberapa teknologi andalan yang dimiliki oleh Toyota :
Hybrid Synergy Drive (HSD)
Intelligence Clearance Sonar (ICS)
Fuel Cell Hidrogen
Toyota Safety Sense C" (TSSC)
Toyota Safety Sense P” (TSSP)

2. EKONOMI
Dimensi ekonomi yang cukup berpengaruh dalam perusahaan toyota misalnya adalah daya beli masyarakat, suku bunga dan inflasi. Hal ini yang sekarang terjadi di Indonesia. Menurut GAIKINDO akibat inflasi dan suku bunga menyebabkan penjualan mobil termasuk prodok TOYOTA mengalami penurunan yang cukup signifikan.

3. POLITIK DAN HUKUM
Kebijakan yang dikeluar oleh pemerintah merupakan aspek politik dan hukum yang mempengaruhi Toyota Motor Corporation (TMC) dalam mengembangkan bisnsisnya.
Kebijakan Internasional juga mempengaruhi bisnisnya contohnya adalah MEA. Dengan adanya MEA memudahkan TMC dalam ekspansi pasar. Contohnya ekspansi pasar ke negara-negara ASEAN seperti Indonesia.

4. SOSIAL BUDAYA
Dimensi sosial budaya, contohnya adalah gaya hidup masyarakat. Gaya hidup merupakan manifestasi keluar yang nampak dari sikap dan nilai seseorang. Di abad 21 gaya hidup masyarakat memilih sesuatu yang lebih praktis. Hal itu juga nampak pada kendaraan khususnya mobil. Dengan menggunakan mobil, maka seseorang akan lebh efisien dalam menggunakan waktunya. Selain itu, Kepemilikan kendaraan juga dapat mencerminkan status seseorang. Oleh karenanya Toyota Motor Corporation membagi 3 Segmen mobil.
High Class
Middle Class
Standard Class














No comments:

Post a Comment

LEASING

 Leasing adalah Perusahaan sewa guna usaha yang bergerak di bidang pembiayaan, untuk keperluan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasa...